Hello Android

Hello kawan BMS, setelah beberapa hari ini diserang tugas kuliah yang bertubi-tubi akhirnya ane bisa corat-coret lagi. Setelah kita menginstal Eclipse beserta AVD nya (baca postingan sebelumnya), saatnya kita membuat aplikasi Androidnya.

Kawan BMS : Ane kan gak punya hp Android nih gan, trus gimana caranya ane ngejalanin aplikasi yang ane buat?

BMS : nah, untuk menjalankan aplikasi Android , kita wajib memiliki gadged Androidnya ato bisa pinjem gadget temen :p . Tapi tenang, kemaren kita kan udah buat AVD tuh, jadi AVD nya itu berfungsi sebagai emulator untuk ngejalanin aplikasi Android yang kita buat.

Kawan BMS : oh, gitu toh. Oke , ane mau belajar dulu gan n  sekalian nabung untuk beli gadged Androidnya (hehehehe :p ).

Berikut langkah-langkah nya :

  1. Buka Eclipse kesayangan ente. Kemudian klik File – New – Android Application Project.
    1
    Kemudian akan muncul form seperti gambar dibawah.
    2
    Application Name merupakan nama dari aplikasi yang hendak kita buat, isi Project Name dan Package Name sesuai yang kawan inginkan. Kemudian klik Next sehingga akan muncul gambar berikut.
    3
    Klik Next.
    4
    Untuk mengubah icon aplikasi yang kita buat, klik tombol Browse
    56
    Klik Next
    7
    Untuk sementara pilih BlankActivity, pada tutorial selanjutnya akan dijelaskan lebih lanjut mengenai Activity yang lainnya.Kemudian Next.
    8
    Finish.
  2. Activity merupakan nama sebuah Activity/class dimana di dalam class ini kita akan mengetikkan kode program. Sedangkan Layout digunakan untuk membuat layout aplikasi atau design aplikasi yang akan kita buat. Gambar dibawah merupakan project aplikasi android yang telah kita buat tadi.
    9
  3. Sekarang buka folder res – layout, kemudian buka activity_main.xml, disini kita akan mendesign tampilan dari aplikasi yang kita buat.
    10
  4. Gambar dibawah merupakan design aplikasi yang akan kita buat. Dimana dalam aplikasi ini kita hanya menggunakan sebuah Button.
    11
  5. Graphical Layout merupakan tampilan dari aplikasi yang kita buat. Sedangkan activity_main.xml merupakan source dari tampilan/source dari komponen-komponen yang kita buat pada Graphical Layout. Untuk membuat sebuah tombol langsung saja drag Button dari Palette dan letakkan diatan frame Hello Android. Dan secara default text pada button akan Menjadi “Button1”. Untuk mengubah text pada button silahkan beralih klik activity_main.xml. Ubah source sesuai dengan gambar dibawah.
    12
  6. Selanjutnya beralih ke MainActivity. Disini kita akan mengetikkan source program yang akan kita buat.
    14
  7. Berikut ini adalah source dalam class MainActivity
    13
  8. Untuk membuat sebuah event Button kita mengimplementasikan interface onClickListener dan mengimplement method onClick dimana didalam method onClick lah kita akan membuat sebuah event. Dalam hal ini event yang kita buat adalah ketika kita klik tbutton tersebut maka akan muncul pesan Hello android tepatnya pada baris kode “Toast.makeText(this,”Hello Android”,Toast.LENGTH_LONG).show();” . Selanjutnya Jalankan aplikasi yang kita buat, caranya klik kanan project – Run As – Android Application.
    15
  9. Hasil Running
    16
    Pada gambar diatas, aplikasi yang kita buat telah terinstal pada emulator. Kemudian klik aplikasi tersebut.
    17

Selesai ..

Mudah bukan .

Kira-kira begitulah langkah-langkah untuk membuat aplikasi Android sederhana. Dipostingan berikutnya InsyaAllah ane akan membahas mengenai widget-widget yang ada di Android.

Oke kawan, untuk postingan hari ini ane cukupkan sekian dan sampai jumpa dipostingan berikutnya.

download file latihan disini.

Sayounara …

3 thoughts on “Hello Android

  1. gan…ane coba ikuting tutorialnya, ketika klik finish kok malah muncul error ” Buildeng workspace has encountered problem ”
    Errors occurred during the build.
    Errors running builder ‘Android Resource Manager’ on project ‘HelloAndroid’.
    java.lang.NullPointerException
    Thx

    • sebelumnya workspace itu tempat secara default aplikasi android yang agan buat itu berada biasanya ada di my document. kalo muncul eror seperti itu coba agan buat folder baru namanya terserah agan kemudian ketika saat start eclipse muncul pesan untuk membuat workspace silahkan browse dan tempatkan pada folder yang agan buat tadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s