Dinamika Sosial Dan Perkembangan Teknologi

Jumpa lagi di blogermencobasukses,…..

Pada episode kali ini berhubung ane dapet tugas dari matakuliah yang ane tempuh yaitu menulis artikel dengan tema dinamika sosial maka pada postingan  ini sekaligus menjadi tugas ane dan referensi buat temen-temen yang membutuhkan informasi tentang dinamika sosial(hehehe sekali mendayung 2 3 pulau terlampauišŸ˜€ ).

oke, sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya kita pahami dulu arti daridinamika sosial serta hubungannya dengan perkembangan teknologi serta dampak perkembangan teknologi terhadap dinamika sosial.

Dinamika sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat yang proses terjadinya bisa cepat maupun lambat. Adapun penyebab terjadinya dinamika ini antara lain berubahnya struktur kelompok social, pergantian anggota kelompok, perubahan situasi social dan ekonomi. Nah terus apa hubungannya dengan perkembangan teknologi?… jadi begini ceritanya : ketika daya beli masyarakat sudah baik seperti saat ini dan diiringi dengan perkembangan teknologi  komunikasi yang serba canggih, masyarakat berbondong-bondong untuk membeli perangkat tersebut untuk yah sekedar gaya hidup agar terlihat lebih wah gitu…sehingga hal itu yang membuat perubahan terjadi begitu cepat karena apa, karena jika jaman dulu sebelum adanya perangkat canggih dalam dunia telekomunikasi masyarakat biasanya menggunakan surat untuk bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh sehingga ada kesan yang menarik gitu , sedangkan untuk keluarga sekitar cukup dengan bertatap muka langsung dengan orangnya. Tapi sekarang dengan alat yang sedemikian rupa , misalkan saat ini HP sudah populer dimasyarakat  membuat surat-menyurat jarang dipakai dan tergantikan oleh sms sehingga kalau menurut saya itu kurang berkesan gitu. Selain itu jika dulu kita sering bertatap muka dengan orang sekitar kini telah tergantikan dengan jejaring sosial sehingga membuat kita jarang sekali bertatap muka secara langsung dan hanya berinteraksi di dunia maya.

Memang dengan adanya perkembangan teknologi kehidupan menjadi lebih mudah terutama dalam hal telekomunikasi, tapi jika tidak diimbangi dengan interaksi yang nyata maka tidak menutup kemungkinan gaya hidup individualis akan semakin berkembang pesat dan tidak ada lagi interaksi yang nyata antar individu Semoga hal itu tidak terjadi di masyarakat ini. Harapan saya adalah dengan berkembangnya teknologi , semoga dimasa depan rasa solidaritas dan rasa kesatuan dan persatuan lebih berkobar lagi , sehingga kita tidak akan pernah terpisahkan karena teknologi yang semakin maju.

Mungkin itu saja dari saya untuk episode ini. jika banyak kesalahan dalam hal penulisan , saya mohon maff yang sebesar besarnya. Dan jika berkenan untuk berkomentar dan mengkritik tulisan ini silahkan berkomentar di bawah ini karena dengan kritik anda akan sangat membantu untuk memperbaiki tulisan ini sehingga kedepannya akan lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s