Manusia Makhluk Yang Sempurna

Allah SWT telah menciptakan bermacam-macam makhluk-NYA, dengan memiliki potensi dan bentuk yang berbeda. Di antara sekian banyak makhluk Allah , hanya manusia yang termasuk makhluk NYA yang sempurna. Kesempurnaan manusia tidak hanya dilihat dari bentuknya , tetapi juga dari potensi yang dibawanya. Potensi itu berupa akal dan nafsu. Karena ada makhluk yang hanya mempunyai akal, tetapi tidak memiliki nafsu, seperti malaikat. Ada juga makhluk yang hanya memiliki nafsu dan tidak diberikan akal, yaitu setan dan binatang.

Di satu sisi, dengan potensi itu, malaikat akan selalu berbuat baik, dan di sisi lain, setan dan binatang akan selalu berbuat salah. Lain halnya dengan manusia, ia kemungkinan berbuat baik, dan kemungkinan juga berbuat jahat.

Apabila manusia mempergunakan akalnya dengan baik dan tidak memperturutkan nafsunya, ia akan menjadi makhluk yang baik. Bahkan, derajat manusia akan lebih tinggi dari malaikat. Tetapi, bila hawa nafsu yang diperturutkan, manusia akan menjdi makhluk yang hina, bahkan lebih hina dari binatang.

sumber : Aminuddin, dkk.2004.Pendidikan Agama Islam.Jakarta: PT Bumi Aksara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s